Wednesday, November 30, 2011

VGA Add-On Menguntungkan atau Merugikan?

Kalau menganalisa bagian-bagian Komputer, Prosesor, Hardisk, Mainboard, RAM, VGA tambahan (yang dipasang di Slot AGP ataupun PCI Express) bagian mana yang paling panas: Hasilnya adalah VGA tambahan. Kalau tidak percaya , silahkan cek dengan program-program software untuk menganalisa isi komputer, seperti misalnya CPUID dan lain sebagainya.
VGA tambahan rata-rata akan menunjukkan suhu temperatur diatas 50 derajat Celcius, bahkan kalau digunakan dengan aplikasi berat, temperatur akan meningkat terus sampai 70 derajat Celsius. VGA memang sudah di design untuk menerima temperatur yang tinggi, namun perangkat yang lainnya yang akan rusak, karena tidak di rancang untuk itu. Efek yang paling ringan, Slot AGP atau PCI Exprees yang akan rusak karena kepanasan. Namun ada beberapa Pabrikan yang sudah merancang untuk menerima panas VGA terutama jenis Mainboard Midle dan High end ( Istilahnya : siap buat Gamers).
Menurut Penulis: jika anda merancang sebuah komputer dan hendak dipasang VGA tambahan, maka gunakan Mainboard yang sudah dirancang untuk Menahan panas dari VGA. Jangan asal Mainboard yang ada slot PCI Expressnya Pasti baik menggunakan VGA tambahan.
Disamping itu, banyak Hal yang harus dipertimbangkan :
1. Fan pada VGA umumnya berumur pendek, jadi sering cek saja karena kalau mati dan masih tetap digunakan, akibatnya : Panas pada VGA meningkat dan akhirnya kapasitor pada VGA meledak atau pecah
2. Pilih VGA dengan Fan dan Heatsink yang baik serta perhatikan masa Garansinya
Penulis sendiri heran, kenapa banyak Produsen VGA yang tidak banyak mengeluarkan Part untuk VGA, seperti halnya Prosesor. Sebagian besar VGA mengalami kendala pada FAN nya
Menggunakan VGA tambahan memang menguntungkan bagi yang menginginkan tampilan grafis yang lebih baik. karena tampilan Grafis tidak bisa dibantu dengan menambah RAM atau mengganti prosesor dengan Core Quad sekalipun. Namun harus diperhatikan kendala kelemahan Hardwarenya. Namun siap saja untuk biayapemeliharaan yang lebih banyak.

No comments:

Post a Comment